TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 1
TEKNOLOGI DAN INFORMASI
A. Pengerian Teknologi
Menurut David L. Goetch
Teknologi adalah “upaya” untuk mendapatkan suatu “produk” yang dilakukan oleh
manusia dengan memanfaatkan peralatan (tools), proses dan sumber daya
(resources).
• Dari definisi diatas
didapat esensi:
1. Teknologi terkait dengan
ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan teknologi bersama
dengan keberadaan budaya umat manusia.
2. Teknologi merupakan
kreasi manusia sehingga tidak alami dan bersifat buatan (artificial)
3. Teknologi merupakan
himpunan dari pikiran (set of means) sehingga teknologi dapat
dibatasi atau bersifat
universal, tergantung dari sudut pandang analisis
4. Teknologi bertujuan
memfasilitasi ikhtiar manusia (human endeavor) sehingga harus
mampu meningkatkan performa
kemampuan manusia.
B.
Fungsi Teknologi
1. Capture, yaitu proses
penyusunan Record aktivitas yang terperinci
2. Processing, yaitu proses
mengubah, menganalisis, menghitung, dan mengumumpulkan semua bentuk data atau
informasi.
3. Generation, yaitu proses
yang ,engorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat, apakah sebagai
angka, teks, bunyi, atau gambar visual penguat informasi untuk penggunaan masa
depan
4. Storage dan retrieval. Storage
adalah proses komputer penguat informasi untuk pengunaan masa depan. Retrieval adalah
proses penempatan komputer dan penyimpanan salinan data atau informasi untuk
pengolahan lebih lanjut atau untuk ditransmisikan ke pengguna lain.
5. Transmission, yaitu
proses komputer mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi. Contohnya
E-mail (Electronic Mail), Voice Mail.
C.
Perbedaan Data dan Informasi
DATA
◦ Berupa sekumpulan fakta.
◦ Dapat berupa teks, gambar,
suara,
video.
◦ Belum memiliki nilai guna.
INFORMASI
◦ Berupa sekumpulan
data/informasi
◦ Dapat berupa teks, gambar, suara, video.
◦ Sudah memiliki nilai guna
(arti)
D.
Sejarah Informasi
Pada awal sejarah, manusia
bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami
informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari
mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja.
Setelah itu teknologi
penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan
informasi bisa lebih jauh.
Kemudian ditemukan alfabet
dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari
cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan
kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka.
Dan saat ini, teknologi
informasi yang ada adalah teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
E.
Penggunaan Teknologi Infromasi
• Untuk lingkungan tersebut,
banyak organisasi menggunakan TI
• Bahkan, pada kasus-kasus
tertentu, solusinya hanya TI
• Oleh karena itu,
pengetahuan tentang Teknologi Informasi sangat penting saat ini
F.
Manfaat Teknologi Informasi
Di bidang Pendidikan
•E-Learning, berkembangnya
pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
•Sharing resource bersama
antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
•E-Library, Perpustakaan Digital
•Penggunaan perangkat
teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan
secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Di Bidang Ekonomi
•E-Banking, transaksi
perbankan secara online.
•E-Commerce, perdagangan
menggunakan jaringan komunikasi internet.
•Enterprice Resource
Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam
perusahaan.
Di Bidang Pemerintahan
•E-government adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
pemerintah dan pihak-pihak
lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan
hubungan bentuk baru
seperti:
1. G2C (Governmet to
Citizen)
2. G2B (Government to
Business)
3. G2G (Government to
Government)
G.
Dampak Perkembangan Teknologi Informasi
• Dampak Positif
1. Lebih cepat
2. Lebih efisien / menekan
biaya overhead shg meningkatkan profit/laba
3. Lebih luas sebarannya
mis.
·
Profit Center : menyumbang keuntungan
finansial thd. Perusahaan
·
Investment Center : menghasilkan
produk-produk baru
·
Service Center : Pusat layanan jasa guna
kepuasan pelanggan
4. Lebih lama penyimpanannya
• Dampak Negatif
1. Kesempatan Kerja Makin
Sempit
2. Berubahnya pola
industrialisasi dunia
3. Tekanan-tekanan ekonomi
dari negara maju
4. Penyalahgunaan seperti
pornografi, pembajakan, atau perjudian.
H.
Tantangan dan Peluang Dalam Mengelola Sistem INFORMASI Dan Teknologi Untuk
Memenuhi Kebutuhan Bisnis.
Perusahaan/bisnis
• Kebutuhan atas kecepatan
dan fleksibilitas pengembangan siklus produk,manufaktur dan pengiriman.
• Rekayasa ulang dan
integrasi lintas fungsi proses bisnis dengan internet.
• Integrasi E-Business danE-
commerce ke dalam strategi,proses, struktur, dan budaya organisasi.
IT
• Penggunaan
internet,intranet,ekstranet dan web sebagai infrastruktur IT utama.
• Difusi teknologi web bagi para
pegawai,pelanggan dan pemasok yang bekerja dengan internet.
• Komputer berjaringan
global,kerjasama dan sistem pendukung keputusan
Nilai bisnis
• Memberi pelanggan apa yang
mereka inginkan,kapan dan bagaimana mereka menginginkan harga terendah
• Koordinasi pemanufakturan dan
proses bisnis dengan para pemasaran dan pelanggan.
• Kemitraan saluran
pemasaran dengan para pemasok dan distributor.
I. Komponen Teknologi Informasi
1. Hardware (HW):CPU, memory, I/O device dan interconnector.
2. Software (SW):OS, package application dan user application.
3. Firmware (FW):end user, programmer, analyst, manajer dan DBA.
4. Infoware (IW):user manual, SOP dan cyber law
Komentar
Posting Komentar