Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN
TERINTEGRASI
Diah Permatasari
21011011
Institut Manajemen Wiyata Indonesia
Istilah komunikasi pemasaran mungkin
sudah tidak asing lagi bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis. Komunikasi pemasaran merupakan sarana
yang digunakan perusahaan untuk memberdayakan, membujuk, dan meningkatkan konsumen
tentang produk dan merek yang dijualnya secara langsung atau tidak langsung (Kotler
& Keller, 2016, hal. 580).) Selain itu, komunikasi pemasaran adalah konsep manajemen
yang membentuk semua aspek komunikasi pemasaran (periklanan, promosi penjualan,
penjualan langsung, dan hubungan masyarakat pemasaran) yang bekerja sama sebagai
kekuatan bersama untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam sebuah komunikasi tidaklah semudah yang dibayangkan.
Ada beberapa kendalayang mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi. Bisa jadi mengandung pesan yang ditransmisikan sehingga dapat diinterpretasikan secara berbeda menghasilkan efek dan fungsi yang berbeda. Selain halaman berita, hambatan, gangguan komunikasi dapat disebabkan oleh sarana komunikasi, sarana komunikasi dan pilihan media. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang komunikasi, khususnya komunikasi pemasaran dalam hal membentuk perilaku konsumen, yang hampir semuanya akhir-akhir ini digunakan oleh organisasi, baik komersial maupun nirlaba, serta perusahaan perorangan berbagai bentuk komunikasi pemasaran untuk mempromosikan penawaran mereka mencapai tujuan perusahaan dan juga memungkinkan konsumen untuk berperilaku dan berperilaku sendiri seperti yang diharapkan.
Komunikasi pemasaran merupakan faktor penting dalam keberhasilan strategi dan program pemasaran. Kualitas produk seharusnya menjadi hal yang penting, namun jika konsumen belum pernah mendengar tentang produk tersebut atau tidak percaya bahwa produk tersebut aman dikonsumsi, calon konsumen tidak akan membeli produk tersebut. Oleh karena itu, integrasi yang baik dari fungsi komunikasi dan pemasaran tentunya menjadi faktor terpenting dalam menghasilkan penjualan.
Dalam komunikasi pemasaran terdapat
instilah komunikasi pemasaran terintegrasi atau Integrated Marketing Communications (IMC), yaitu proses mengembangkan dan menerapkan berbagai program komunikasi persuasif secara terus menerus kepada pelanggan dan calon pelanggan. Tujuannya untuk mempengaruhi dan secara langsung memengaruhi perilaku kelompok sasaran. Komunikasi pemasaran integrasi mempertimbangkan semua sumber yang dapat dihubungkan oleh pelanggan atau pelanggan potensial ke produk atau layanan merek atau perusahaan sebagai saluran komunikasi yang memungkinkan di masa depan.
Terdapat lima ciri utama dalam komunikasi pemasaran
terintegrasi, yaitu mempengrauhi pelaku, menggunakan
satu atau segala cara melakukan ‘kontak’, berawal dari pelanggan dan calon
pelanggan (prospect), menjalin hubungan, dan berusaha menciptakan sinergi.
Dalam praktiknya, komunikasi pemasaran terintegrasi (Integrated Marketing Communications/IMC) saat ini merupakan cara yang dapat diandalkan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, menghormati pelanggan dengan baik dan tetap mengikuti perkembangan media dan teknologi. tentunya berhubungan dengan salah satu unsur bauran pemasaran yaitu unsur promosi. Dalam komunikasi pemasaran terpadu, bauran promosi terdiri dari poin-poin berikut (Belch and Belch 2003):
·
Advertising (periklanan)
·
Personal selling
·
Direct marketing (pemasaran
langsung)
·
Interactive/internet marketing (pemasaran online)
·
Sales promotion
·
Publicity
·
Public relations (PR)
Strategi komunikasi pemasaran terintegrasi mengacu pada perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan komunikasi persuasif dengan pelanggan. Isu-isu strategis yang meliputi; berapa banyak uang yang ditawarkan untuk mengiklankan produk, bagaimana salinan iklan direncanakan, bagaimana didistribusikan ke pilihan kampanye yang dipilih dan bagaimana program penjualan dan riset penjualan direncanakan secara efektif. Enam strategi komunikasi pemasaran terpadu yang disorot di sini, yaitu:
1. Strategi periklanan
2. Strategi Bauran Promosi
3. Strategi periklanan
4. Strategi Pemilihan Lingkungan
5. Strategi untuk memotivasi dan membimbing tenaga penjual
6. Strategi penjualan
Referensi
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (15th ed.). United States of America: Pearson Education Limited.
Tjiptono, Fandy, 2019. Strategi Pemasaran, , Yogyakarta:
Andi Offset
Komentar
Posting Komentar